RSS

Ilmu Kesehatan Anak

16 Jan

Pada zaman dahulu, ilmu kedokteran dibagi menjadi 4 cabang ilmu utama dan sampai sekarang menjadi bagian besar kedokteran. Ilmu itu adalah Ilmu Penyakit Dalam (IPD), Ilmu Kesehatan Anak (IKA), Ilmu Bedah, dan Ilmu Kebidanan dan Penyakit Kandungan (Obsetri dan Ginekologi). Di sini kita membahas mengapa IKA dipisahkan dari ilmu yang lain padahal yang dipelajari sama.
Penyakit anak dibedakan dari penyakit orang dewasa karena tubuh anak masih tumbuh dan berkembang dimana faktor daya tahan tubuh, kerja fungsional organ, kecerdasan belum mencapai kadar optimal, jadi perbedaan ini dirinci lagi menjadi :
1. Belum sempurnanya sistem imun tubuh
Ini berakibat pada beberapa penyakit apabila terkena pada anak dapat menyebabkan akibat yang parah meskipun pada dewasa biasa2 saja atau sebaliknya. Ini membedakan dari segi diagnosa penyakit dimana beberapa penyakit, penampakan gejala penyakit bersifat khas atau bervariasi yang dapat berbeda dari yang dipelajari (teori). Perjalanan klinis penyakit pada anak juga berbeda, baiki dari segi waktu onset, lamanya penyakit, lamanya penyembuhan, dsb
2. Tubuh anak masih berkembang
Berkembang ini maksudnya dari segi mental (kecerdasan) atau bentuk fisik. Jadi misalnya pada penyakit diare bisa menyebabkan anak jadi kurang cerdas karena asupan nutrisi terganggu dan perkembangan otak bisa terhambat. Kasus lain adalah kelainan bentuk kaki pada penyakit polio dimana kaki akan lumpuh dan kecil (tidak berkembang).
3. Anak susah untuk diperiksa
Anak yang kecil susah untuk dikontrol misalnya disuruh membuka mulut, atau terus menangis. Ini mengganggu dan mempersulit pemeriksaan, dan diperlukan metode khusus untuk memeriksa anak kecil sehingga prosedur lege artis tetap dapat dilakukan
4. Obat tertentu tidak boleh diberikan pada anak-anak
Obat misalnya tetrasiklin tidak boleh diberikan pada anak2 karena akan merubah warna gigi anak2 yang sedang tumbuh sedangkan pada dewasa tidak terjadi. Obat2 lain juga begitu. Dosis pada anak juga berbeda dari dosis dewasa apalagi pada bayi.
5. Penyakit yang bersifat kongenital
Penyakit kongenital sebagian besar akan terdeteksi pada masa anak-anak atau pada masa bayi. Penting untuk mengetahui macam dan jenis penyakit kongenital, terutama diagnosanya.

Itulah beberapa alasan adanya pelajaran IKA. Pelajarilah pelajaran ini dengan semangat karena anak merupakan salah satu pasien yang potensial jika nantinya menjadi dokter, apalagi yang berkeinginan mengambil spesialis anak…..

 
2 Komentar

Ditulis oleh pada 16 Januari 2008 in Pengetahuan

 

2 responses to “Ilmu Kesehatan Anak

  1. finiarel

    20 April 2011 at 10:49 am

    makasih ilmunya, oh iya, saya masih mau belajar banyak tentang ilmu kedokteran anak. mohon bantuannya (lewat email) thanks before🙂

     
  2. shanna chaniago

    19 Mei 2016 at 12:09 am

    saya masih lebih banyak tau nieh tentang ilmu kesehatan anak , bisa share dari email

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Daisypath Happy Birthday tickers
  • Daisypath Anniversary tickers
  •  
    %d blogger menyukai ini: