RSS

Pasca Pandemi, Kembali Normal?

02 Feb

Berakhirnya pandemi bukan masalah kapan, tetapi bagaimana kita akan menghadapinya. Apakah akan kembali ke kegiatan lama sebelum pandemi atau melakukan hal baru. Awal tahun 2023 kita mendapat kabar baik, selesainya masa pandemi covid dan mulainya kegiatan masyarakat seperti biasa, tanpa PPKM, ya, tanpa PPKM. Lalu apakah covid sudah hilang?

Jawabannya covid masih tetap ada

Lho, lalu kita bisa terpapar covid?

Jawabannya adalah tetap bisa tetapi yang membedakan dengan di masa pandemi adalah cara kita mengatasinya.

Covid saat ini menjadi penyakit yang sama dengan penyakit yang lainnya, sama seperti penyakit TB, penyakit demam berdarah, dan lain sebagainya. Masing-masing masyarakat wajib menjaga diri dengan memvaksin covid dan memakai masker jika sakit.

Untuk tatalaksana di fasilitas kesehatan, skrining yang dilakukan hanya pada kasus covid yang berat dalam hal ini terdapat sesak. Jika ditemukan kondisi sesak maka diskrining covid, jika positif covid maka diisolasi dan mendapat penanganan khusus covid. Jika gejala batuk amak tidak diskrining covid dan ditangani sebagai penyakit ISPA yang lain. Jadi ketika ditemukan pasien ISPA sebenarnya bisa jadi itu covid tapi tidak diperiksakan. Hal ini tidak masalah karena sudah terbentuk kekebalan di masyarakat hasil dari paparan covid atau vaksin sehingga diasumsikan kasus berat tidak sebanyak ketika fasilitas kesehatan kewalahan 2 tahun yang lalu.

Kesimpulan dari ini adalah masing-masing menjaga diri dengan segera vaksin covid secara lengkap agar memiliki perlindungan baik terhadap varian covid saat ini maupun varian-varian lain yang muncul beriktunya.

Salam sehat.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 2 Februari 2023 inci Kata Redaksi

 

Tag: , ,

Tinggalkan komentar

  • Daisypath Happy Birthday tickers
  • Daisypath Anniversary tickers
  •