Setelah sebelumnya membahas mengenai motor prototipe moto GP dari Honda, kali ini kita alihkan perhatian pada motor besutan Yamaha yang dipakai di moto GP, tidak lain tidak bukan adalah Yamaha YZR M1. Motor ini memiliki banyak versi, ada yang 990 cc dan yang terbaru adalah 800cc. Memang untuk penamaan M1 dari yamaha tidak membedakan antara yang 990cc dan 800cc, ini berbeda dengan Honda dimana 990cc diberi nama RC211V dan 800cc diberi nama Rc212V, dan yang 1000cc untuk tahun depan diberi nama RC213V.
Beralih pada spesifikasi. Berikut spesifikasinya ane comot dari website Yamaha racing
Sebagai tambahan, untuk part tahun 2011 saya belum nemu, hanya nemu hanya part tahun 2010 dimana busi menggunakan busi merek NGK dengan mapping dari Magnetti Marelli. Front dan rear suspension menggunakan Ohlins. Rem depan belakang menggunakan Brembo. Ban Bridgestone. Kapasitas tangki 21 liter sama dengan RC212V. Oli menggunakan Motul meskipun sponsornya terlihat Petronas yang juga memiliki oli.
Dari mesin sendiri, yang membedakan dengan RC212V terletak dari konfigurasi dimana M1 memiliki konfigurasi inline 4 silinder sedangkan RC212V memiliki konfigurasi V twin 4 silinder.
Nah, selamat dikunyah-kunyah ya.
speed_lover
11 November 2011 at 1:51 pm
masih kalah cepat dengan honda per 0,5 detik!! coba bayangin 20lap X 0,5 detik bisa selisih 10 detik tuh!!
tssd1
12 November 2011 at 12:24 am
yg bikin cepat pembalapnya atau motornya? coba kalo stoner gak ke honda, apa pedrosa bisa finish pertama terus?
win
13 November 2011 at 7:37 am
mgkn bisa,dibeberapa seri msh lbh kencang pedrosa drpd hohe
cuman masalahnya dilemans ditabrak simoncelli hingga absen beberapa race
JAFFAR
11 November 2011 at 2:55 pm
paket furusawa-rossi+burgess !!!!!!!!!!!!!!!
gogo
11 November 2011 at 4:24 pm
ayo ducati..
Idog
11 November 2011 at 5:51 pm
Lho kok!!… 😀
necel
12 November 2011 at 12:04 am
Walah, Ga nyambung
mbr666
12 November 2011 at 10:14 am
mantappp
extraordinaryperson
12 November 2011 at 3:50 pm
5 valve toh
http://extraordinaryperson.wordpress.com/
win
13 November 2011 at 7:41 am
karakter inline membuat wheelbase jd pendek enak buat nikung tp jadi gendut
sementara mesin v agak panjang tp stabil pas trek lurus dan akselerasi galak,tampang pun bisa ramping
necel
13 November 2011 at 12:03 pm
bener bro. Jadi ramping dan berbentuk lebih aerodinamis
togisiregari
16 November 2011 at 11:25 am
honda lebih power bro…
sudah terbukti..
necel
17 November 2011 at 6:31 am
yups bro makanya jadi juara dunia