RSS

17 Agustusan

16 Agu

Ketika kita mendengar istilah 17 agustusan maka yang terngiang di kepala kita adalah upacara dan perlombaan seru. Memang ketika kita hidup di jaman ini, ketika masih kecil, kita sudah berada pada zaman kemerdekaan, buah dari perjuangan para pahlawan pada zaman penjajahan.

images

Perjalanan panjang hingga usia 69 tehun tentunya bukan banyak rintangan. Mulai dari upaya penjajahan kembali Belanda pada awal kemerdekaan, pemberontakan pemberontakan dalam rangka memecah NKRI, hingga kini yang terbaru adalah masalah pemilihan umum presiden.

Pemilu sejatinya merupakan pesta demokrasi bagi seluruh rakyat Indonesia. Capres yang dipilih merupakan para putra terbaik bangsa. Semuanya memiliki kemampuan yang baik dalam memimpin, tetapi sekali lagi kita memilih yang “terbaik”. Bukan berarti zapres satunya jika terpilih, maka negara Indonesia akan hancur, atau jika capres yang lain yang terpilih maka akan timbul perpecahan di masyarakat.

Masyarakat Indonesia sekarang sudah cerdas, mampu membuat pilihan dengan realistis, sudah mampu menentukan kriteria calon presidennya. Apalagi pada tahun 2O14 ini capresnya cuma ada 2 jadi lebih mudah mengorek kelebihan dan kekurangan masih-masing. Ini yang menjadi penting dalam konteks fungsi media, karena tentunya informasi mengenai capres didapatka melalui media, dari media cetak, televisi, internet, hingga jejaring sosial.

Ke “independensian” media penting di sini agar informasi yang disajikan berimbang dan tidak memihak salah satu calon. Menarik disini kita melihat terutama di televisi, 2 stasiun televisi keliahatan sekali mendukung capres. TV ONE mendukung Prabowo-Hatta dan Metro TV mendukung Jokowi-JK. Solusinya ya kita tonton saja dua duanya disertai asupan dari sumber yang lain.

Akhirnya tahapan penetapan pilpres oleh KPU sudah dilaksanakan, meskipun sekarang masih dalam tahap persidangan MK, kita sudah bisa melihat bahwa yang memenangkan pilpres adalah Jokowi-JK. Unik memang meskipun sebgian besar suara parpol di DPR terpilih mendukung Prabowo kenyataannya pendukung Jokowi-JK banyak, seperti di daerah saya (Kalimantan Timur}, meskipun merupakan basis Golkar tetapi justru dimenangkan oleh Jokowi. Menurut analisis saya masyarakat banyak memilih Jokowi-JK karena sifat merakyatnya, tidak neko-neko, jujur, dan tegas. Ini yang lebih mengena di rakyat dibandingkan janji janji Prabowo yang sungguh manis tetapi kalau dilihat tidak ada beda dengan janji politisi politisi demi mengambil suara rakyat. Apakah rakyat sudah bosan dengan janji janji saja? Tentunya.

Gaya kepemimpinan Jokowi di Solo dan Jakarta, dimana tidak bisa diintervensi dan bersih ini yang didambakan masyarakat. Tentu akan kita lihat gaya kepemimpinan Jokowi sebagai Presiden yang tentunya tidak akan sama ketika mamimpin daerah yang lebih kecil.

Sekali lagi selamat kepada Jokowi-JK, nasib bangsa 5 tahun ke depan di tangan bapak-bapak sekalian. Pilihlah pembantu-pembantu anda (menteri} yang kompeten agar tugas anda lebih ringan.

download

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 16 Agustus 2014 in Kajian, Kata Redaksi

 

Tag: , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Daisypath Happy Birthday tickers
  • Daisypath Anniversary tickers
  •  
    %d blogger menyukai ini: