RSS

ASIA Score

07 Des

ASIA Score adalah sistem skoring untuk menntukan tinkat keparahan dari cedera medula spinalis. ASIA merupakan singkatan dari American Spinal Injury Association dan skor ini terbaru direvisi pada tahun 2000. Berikut check list dari ASIA score

ASIA Score

 

ASIA score memiliki komponen sensorik menurut dermatom tubuh dan komponen motorik terutama pada pleksus brachialis dan pleksus lumbosakralis. Terdapat pula sensasi khusus misalnya sensasi pada daerah anal, dsb. Check list dari ASIA score sangat mudah digunakan sehingga kita dapat pula menentukan secara klinis pada segmen medula spinalis keberapa terjadinya cedera.

Deteksi dini cedera medula spinalis sangat penting karena jika tidak terdeteksi dan dilakukan penanganan yang salah maka dapat berakibat fatal (kelumpuhan permanen).

Untuk penilaian kemampuan syaraf secara kualitatif digunakan ASIA impairement scale yang mirip dengan derajat FRANKLE. Berikut skalanya

ASIA impairement scale

 

Untuk orang yang bergerak dibidang kesehatan apalagi mahasiswa kedokteran sangat perlu untuk memiliki ASIA score dimana kita dapat mengetahui dermatom tubuh dan persyarafan tubuh.

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 7 Desember 2011 in kedokteran

 

Tag: , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Daisypath Happy Birthday tickers
  • Daisypath Anniversary tickers
  •  
    %d blogger menyukai ini: