RSS

Ruang Operasi

05 Sep

Ruang operasi atau sering disingkat sebagai OK, ceritanya dari bahasa Belanda apaan gitu. OK merupakan ruangan khusus untuk melakukan pembedahan. Tiap rumah sakit biasanya memiliki ruang khusus OK, terutama bila terdapat ahli bedah pada rumah sakit tersebut. Ruang OK sendiri terdiri dari beberapa komponen meliputi ruangannya, peralatannya, sumber daya manusianya.

Ruangan OK merupakan ruangan yang bersih dan tidak semua orang bisa masuk ke dalamnya. Jika akan masuk ke OK maka kita wajib mengenakan gaun khusus yang berwarna hijau pada umumnya, tetapi saya pernah melihat juga video operasi di luar negeri ada yang menggunakan warna biru muda. Pemilihan warna ini sendiri saya juga kurang mengerti tetapi saya pernah membaca bahwa warna hijau membuat mata kita dapat dengan mudah membedakan warna darah selain itu warna hijau juga lembut sehingga mata tidak silau atau cepat lelah. Baju OK sendiri sekali pakai dan dicuci di laundry rumah sakit. Ruang OK secara umum terdiri dari ruang operasi yang terdiri dari beberapa kamar, ruang preoperasi untuk tempat pasien menunggu, ruang postoperasi atau ruang pulih sadar (PACU), ruang istirahat dokter dan perawat, ruang ganti baju, tempat mencuci tangan, ruang peralatan dan pensterilan alat, dan ruang anastesi merangkap penyimpanan barang habis pakai.

Peralatan OK terdiri dari peralatan operasi seperti alat-alat, bahan habis pakai, meja anastesi, lampu operasi, dan meja operasi. Meja operasi merupakan meja khusus tempat pasien berbaring untuk operasi dimana meja ini dapat dinaikturunkan, atau diposisikan sedemikian rupa sehingga semua manuver posisi pasien dapat diakomodir. Tidak lupa juga sumber gas meliputi gas oksigen, N2O, udara bebas, dan penghisap.

Sumber daya manusia di OK meliputi administrasi yang mengurus biaya operasi mulai dari jasa dokter bedah, perawat, dokter anestesi, penata anestesi, dan pekarya (onloop). Kemudian ada dokter bedah dan dokter anestesi, dapat juga dokter kandungan, dokter mata, THT, gigi, kulit. Perawat berfungsi sebagai asisten, asisten alat, dan penata anestesi. Kadangkala dalam suatu operasi juga dilibatkan koas (dokter muda) terutama pada rumah sakit pendidikan. Pekarya atau onloop/omloop ga tau juga mana yang bener bertugas standby di ruang operasi apabila dokter atau perawat membutuhkan sesuatu seperti mengambilkan barang, obat, dll.

Ketiga sektor tersebut saling mendukung untuk tercapainya kegiatan operasi yang sukses. Operasi sendiri bisa operasi kecil yang memerlukan anestesi lokal biasnaya lamanya beberapa menit, sampai operasi besar macam kraniotomi yang dapat sampai 4 jam lebih. Orang selain di bidang medis memang kadangkala buta mengenai kegiatan apa yang terjadi di dalam kamar operasi, seperti bisanya keluarga pasien yang menunggu keluarganya yang akan dioperasi. Hal ini lumrah mengingat keluarga pasien hanya menunggu di luar dan bertemu dengan keluarganya ketika operasi telah selesai meskipun kadangkala keluarga pasien dapat masuk ke ruang operasi untuk menemani misalnya pada keadaan anak kecil sebelum dibius atau adanya penambahan tindakan ketika operasi berlangsung dan membutuhkan persetujuan tambahan dari keluarga pasien.

Akhir kata ruang operasi merupakan ruangan yang memang tertutup dan tidak sembarang orang bisa masuk ke dalamnya. Tetapi ketertutupan tidaklah menjadikan SDM di dalamnya untuk bertindak tanpa tanggungjawab. Terus untuk belajar dan belajar dari kesalahan demi terwujudnya perbaikan di bidang kesehatan dan keselamatan serta kesembuhan pasien.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 5 September 2011 in kedokteran, Pengetahuan

 

Tag: , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Daisypath Happy Birthday tickers
  • Daisypath Anniversary tickers
  •  
    %d blogger menyukai ini: