RSS

Kalimantan Timur

05 Sep

Kalimantan Timur atau disingkat sebagai kaltim adalah salah satu provinsi di Indonesia tepatnya di Pulau Kalimantan. Kaltim merupakan salah satu provinsi terluas di Indonesia dan memiliki berbaga sumber daya alam yang berlimpah. Wilayah ini juga tercantum dalam sejarah bangsa Indonesia dimana tempat pertama kali Jepang masuk ketika perang dunia kedua adalah melalui daerah Tarakan di dalam provinsi Kalimantan Timur.

peta kaltim

peta kaltim

Penduduk kaltim terdiri dari berbagai macam etnis dan suku, mulai dari Dayak, Kutai, Banjar, Bugis, Jawa, Madura dan banyak lainnya. Hal ini dikarenakan daerah ini menjadi daerah tujuan migrasi karena memang menarik orang untuk datang terutama untuk mencari pekerjaan. Kaltim dengan memang memiliki banyak peluang pekerjaan sejak dahulu. Pertama adalah kemajuan di bidak perminyakan dan perkayuan dimana banyak muncul pabrik kayu sehingga banyak penduduk dari daerah lain di Indonesia bermigrasi kesana. Ketika industri perkayuan mulai redup, muncul pembangunan akibat mulai dilaksanakannya otonomi daerah yang membuat daerah kaltim kebanjiran dana, maka mulai dibangun pusat perkantoran dan perdaganagan. Kemudian muncul tambang batubara di berbagai tempat di Kaltim sehingga menjadikan emas hitam (batubara red) makin meningkatkan lapangan pekerjaan yang sebelumnya ditinggalkan oleh industri perkayuan. Dan kini muncul lapangan pekerjaan baru dibidang industri kelapa sawit mulai dari pekebun, pabrik CPO, dan pabrik turunannya. Mudah-mudahan industri kelapa sawit terus maju mengingat jenis industri perkebunan adalah industri padat SDM yang membutuhkan banyak pekerja.

Lalu jenis bidang ekonomi apakah yang akan kembali berkembang di kaltim kedepannya Sepertinya pemerintah kaltim banyak menonjolkan sisi jasa dan pariwisata dimana mulai banyak dibangun pelabuhan baru, perbaikan sarana prasarana tempat wisata, dan pusat perbelanjaan di berbagai kota. Semua bidang ekonomi ini saling berkait gunan menunjang pertumbuhan ekonomi kaltim dan Indonesia ke depanya menghadapai situasi ekonomi global yang makin keras

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 5 September 2011 in Kata Redaksi, Keseharian

 

Tag: , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Daisypath Happy Birthday tickers
  • Daisypath Anniversary tickers
  •  
    %d blogger menyukai ini: