RSS

Mitral Insufisiensi

05 Agu

Mitral insufisiensi (disingkat MI) atau mitral regurgitasi adalah suatu keadaan dimana terdapat aliran darah balik ventrikel kiri ke dalam atrium kiri pada saat sistol, akibat tidak dapat menutupnya katup mitral secara sempurna. Pada MI, aliran darah saat sistol terbagi dua, sebagian ke aorta dan sisanya ke atrium kiri kembali. (8)

Pemeriksaan fisik pada MI kronik biasanya didapatkan peningkatan denyut jantung akibat atrial fibrillasi atau gagal jantung, perbedaan tekanan darah sistol dan diastol menyempit, pulsasi nadi lemah dengan amplitudo rendah akibat penurunan stroke volume. Apeks jantung bergeser ke lateral (pembesaran ventrikel kiri), thrill pada apeks. Auskultasi didapatkan murmur yang tergabung dengan bunyi jantung pertama dan berlanjut pada fase sistolik terutama terdengar pada apeks jantung. (8)

Gambaran EKG pada MI tidak ada yang spesifik, namun fibrilasi atrial sering ditemukan pada MI karena kelainan organic. Foto toraks  dapat memperlihatkan tanda-tanda pembesaran atrium kiri dan ventrikel kiri. Pada MI kronik dapat terlihat gambaran hipertensi pulmonal atau edema paru. Echocardiografi merupakan alat diagnostic utama untuk MI. Dengan echocardiografi dapat diketahui morfologi lesi katup mitral, derajat atau beratnya MI, fungsi ventrikel kiri dan atrium kiri. (8)

Terapi MI akut adalah secepatnya menurunkan volume regurgitasi, yang seterusnya akan mengurangi hipertensi pulmonal dan tekanan atrial dan meningkatkan strok volume. Obat vasodilator arterial (sodium nitropruside) merupakan terapi utama untuk MI akut. Pada MI kronik, dapat diberikan diuretika untuk control gagal jantung dan sesak, beta bloker untuk mengurangi keluhan berdebar dan nyeri dada, ACE inhibitor untuk memperbaiki survival dan gejala, antikoagulan oral untuk pasien MI dengan atrial fibrilasi, dan profilaksis demam reumatik (penisilin). Terapi operasi seperti rekonstruksi katup mitral (annuloplasty, memperpendek korda) atau penggantian katup mitral (Mitral Valve Replacement). (6; 8)

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 5 Agustus 2010 in kedokteran, Pengetahuan

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Daisypath Happy Birthday tickers
  • Daisypath Anniversary tickers
  •  
    %d blogger menyukai ini: