RSS

Pengertian Manajemen

02 Jul

Keberhasilan suatau perusahaan atau organisasi tidak hanya disebabkan oleh adanya faktor produksi yang dimiliki seefisien mungkin. Akan tetapi ditentukan pula oleh kemampun manajemen suatu perusahaan itu sendiri dalam mengelola sumber daya tersebut. Cara pengelolaan sumber day tersebut. Cara pengelolaan sumber daya yang dimiliki seefisien tersebut dikenal dengan istilah manajemen.
Sebelum mengetahui pengertian dari manajemen sumber daya manusia, sebaiknya mengetahui dulu apa itu pengertian dari manajemen secara umum. Manajemen berasal dari kata “ to manage “ yang dalam bahasa indonesia berarti membina, memimpin, mengelola, mengendalikan, menjalankan.
Tetapi manajemen dapat juga diartikan sebgai ilmu dan seni yang mengatur proses pemamfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber daya lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
Para ahli manajemen mengatakan bahwa akar kata dari manajemen berasal dari bahasa latin yaitu “mano dan egere” mano artinya tangan dan egere artinya melakukan sesuatu,jadi “manageire” artinya melakukan sesuatu melalui tangan-tangan maksudnya adalah mengerjakan sesuatu. Seorang pemimpin tidak bekerja sendiri tetapi melalui bawahannya yang merupakan tangan-tangan pembantu dalam menyelesaikan pekerjaan.
Beberapa pandangan dan pendapat dari para ahli manajemen mengenai pengertian manajemen dapat ditinjau dari sudut pandang masing-masing yang berbeda-beda sehingga penulis dapat menarik kesimpulan dari definisi yang dikemukakan para ekonom-ekonom tersebut.
Menurut Leslie w Rue and Lloyd L Byers mendefinisikan manajemen sebagai berikut :
“managemen is a from works that involved coordinating an organization resources land, labor and capital toward accomplishing organizational objectives.” (Leslie w Rue and Lloyd L Byers,1992:7)
Dan menurut Hainmann juga dikutip oleh M.Manilang menyatakan :”Manajemen adalah fungsi untuk mencapai sesuatu melalui kegiatan orang lain dan mengawasi usaha-usaha individu untuk mencapai tujuan bersama.”(Melayu Hasibuan.1996:15)

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 2 Juli 2009 in JURNAL

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Daisypath Happy Birthday tickers
  • Daisypath Anniversary tickers
  •  
    %d blogger menyukai ini: