RSS

Belajar SPSS

01 Apr

Baru-baru ini necel belajar mempergunakan SPSS guna pengolahan data bahan Tugas Akhir (TA) atawa skripsi. Pengalaman necel boleh dibilang nol dalam mengolah data menggunakan SPSS. Berbekal contoh pengerjaan dari kakak tingkat dan bantuan dari fitur help di SPSS akhirnya necel mulai coba-coba. Tidak tanggung-tanggung, dibutuhkan waktu sekitar 4 jam ampe jam 1 malam guna mengutak-atik SPSS. Asalkan mengerti sedikit-sedikit tentang statistika ternyata dikit-dikit mulai bisa. Mulai dari perhitungan mean menggunakan standar error sampai perhitungan uji normalitas Shapiro-Willik. Fitur pembuatan regresi linear juga dijabanin sampe bisa.
Dari sekitar 6 buah perhitungan rumit ternyata yang bisa diselesaikan hanya 4 dan satu tidak bisa sama sekali, dan satunya bisa tapi berbeda angkanya dari contoh. Heran juga, yang salah aku atau yang memaparkan contoh, habisnya bentuk tabel hasilnya sama persis yang beda cuma angka, jadi bingung deh.
Selain coba-coba SPSS versi 11.5, juga mencoba program Biostat 2008. Tidak jauh berbeda dengan program SPSS tetapi dengan fitur lebih sederhana, tetapi justru membingungkan kalau kita sebelumnya telah belajar SPSS. Karena ada beberapa istilah berbeda yang artinya sama. Jadi kembali lagi harus mengerti statistika lah lebih baik. Selain itu juga mencoba program probit EPA analysis version 1.5. Programnya sangat simpel, hanya berupa semacam command prompt. Jadi latarnya cuma hitam dengan bahasa perintah berupa huruf keyboard, semacam y untuk yes dan n untuk no. Tapi manfaat dari program ini sangat nyata terutama dalam menghitung LC (Lethal Concentration) 50 atau EC (Effective Concentration) 50. Hasil pengolahan data langsung dalam format txt ditambah dengan adanya grafik LC 50. Pokoknya mantap sekali. Kalo ga karena TA mungkin ga pernah pake program begituan. Rencana mau kayak cakmoki yang bisa bikin flash, meskipun necel udah punya program macromedia flash di rumah tapi tetep saja malas menggunakannya karena kesibukan sehari-hari, selain itu hasilnya mau diapakan juga masih bingung.

Iklan
 
1 Komentar

Ditulis oleh pada 1 April 2009 in Kajian, Kata Redaksi

 

One response to “Belajar SPSS

  1. gladis

    23 April 2013 at 12:25 pm

    bang ada tutorialnya gak….???
    aku nyusun TA juga bang… kalo bisa kirim ke email q ya bang…. ady.umail@yahoo.co.id / viantsu@yahoo.co.id

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Daisypath Happy Birthday tickers
  • Daisypath Anniversary tickers
  •  
    %d blogger menyukai ini: