RSS

Pola Pikir Mahasiswa Kedokteran

21 Mar

Jujur saja istilah yang penting lolos, membuatku jadi agak terganggu. Apalagi pemahaman bahwa yang penting di kuliah nilainya mencukupi saja (ujian lulus), kalo masalah pengetahuan nanti bisa didapat ke koas, wah bikin miris telinga. Ko bisanya calon dokter yang akan mengemban resiko nyawa pasien berperilaku seperti ini. Kalo istilahnya attitudenya dimana gitu loh. Tujuan kuliah itu ya menuntut ilmu sebanyak-banyaknya sehingga dapat paham mengenai apa yang diajarkan. Bukan untuk mengejar nilai. Tapi tentunya nilai juga penting. Padahal dari segi kualitas, mahasiswa kedokteran jelas berkualitas. Tapi banyak juga yang baru masuk koas baru belajar rajin, ko ga dari dulu pas kuliah belajar rajinnya. Pola belajar padahal terbentuk mulai awal, dari SD terus diasah dan semakin mantap hingga jenjang kuliah. Kalo tiba-tiba berubah pas mau koas jelas susah donk, pastinya tidak maksimal untuk menyerap pelajaran koas dalam waktu singkat. Tapi tentunya proses belajar bersifat individual, ada waktunya dimana orang tersebut dapat belajar dengan mantap dan ada waktu lainnya menjadi malas-malasan. Pola pikir mahasiswa kedokteran, menurut saya, sebaiknya semangat dalam menuntut ilmu, karena menuntut ilmu kedokteran bersifat long life education, ilmu kedokteran terus berkembang dan tidak dapat dipastikan bahwa ilmu yang sekarang bernar akan tetap benar 5 atau 10 tahun lagi. Meskipun tidak ada keinginan menjadi dokter spesialis, alias mau jadi dokter umum terus, ya harus tetep belajar. Minimal mampu bersaing dengan sesama dokter umum. Kan malu kalo kalah ama dokter baru lulus semacam dokter FK UNMUL yang baru ujian dokter kemaren. Wuiii, deg-degan juga niy, gmana nasibnya dokter FK UNMUL lulusan pertama ya, tentunya mereka mengemban almamater, secara lulusan pertama gitcu loh. Kasian nanti yang lulusnya belakangan dan udah tecap lulusan FK UNMUL ga memiliki kompetensi dokter. Wah bisa berabe niy. Jadi kesimpulannya, pola pikir apa yang anda miliki? Mari sama-sama memperbaiki diri menjadi yang terbaik.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 21 Maret 2009 in Kata Redaksi

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Daisypath Happy Birthday tickers
  • Daisypath Anniversary tickers
  •  
    %d blogger menyukai ini: