RSS

Belajar di Fakultas Kedokteran

21 Mar

Belajar di fakultas kedokteran memang unik, selain dituntut memiliki pengetahuan yang cukup, juga harus memiliki skill serta pengalaman yang baik. Istilah attitude atau perilaku juga sering didengungkan di kancah pembelajaran. Entah mengapa para dosen senang sekali dengan mahasiswa yang attitudenya bagus, apakah keberhasilan seseorang hanya ditentukan dari rasa suka ataupun tidak suka. Kalo dipikir-pikir hal seperti ini memang tidak adil, sama seperti fenomena ponari yang di usia segitu dapat menghasilkan duit berjuta-juta rupiah dalam satu hari. Bandingkan dengan dokter yang meskipun beberapa ada juga yang tajir tetapi ya awalnya mereka juga harus bekerja keras mencari pelanggan setia.
Berita mengejutkan aku membaca dari koran tentang fenomena dokter keluarga di kota bontang yang ternyata dipersoalkan karena tidak sinkron dengan program provinsi dan pusat. Memang boleh dikatakan visi kesehatan dari Pak Sofyan (walikota Bontang) sudah jauh ke depan, bercermin dengan negara maju yang sistem kesehatannya menganut dokter keluarga. Sementara negara Indonesia lebih menganut sistem puskesmas. Sistem dokter keluarga jika dilihat secara mendalam memang banyak memberikan keuntungan buat masyarakat, selain pelayanan lebih bersifat personal dimana satu dokter dapat memantau terus kesehatan pasiennya, juga sistem pembiayaannya dapat menggunakan sistem asuransi.
Apalagi kurikulum di fakultas kedokteran sekarang contohnya di Fakultas Kedokteran Universitas Mulawarman telah diajarkan mengenai konsep dokter keluarga tentunya dokter lulusan baru akan diupayakan untuk berorientasi pada pelayanan dokter keluarga.
Jadi mari kita dukung terus pak Sofyan Hasdam meneruskan sistem dokter keluarga, dan pengambil kebijakan pusat dan provinsi untuk tidak menjegal sistem dokter keluarga yang telah diupayakan di Bontang. Alih-alih menjegal, hendaknya diusahakan untuk menasionalkan sistem ini. Dokter keluarga, maju wae lah.

 
1 Komentar

Ditulis oleh pada 21 Maret 2009 in Kata Redaksi

 

One response to “Belajar di Fakultas Kedokteran

  1. jhon

    26 Agustus 2009 at 8:38 pm

    the reading not complete
    please your add information

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Daisypath Happy Birthday tickers
  • Daisypath Anniversary tickers
  •  
    %d blogger menyukai ini: