RSS

Transplantasi Organ: Donor Ginjal

27 Des

Perbuatan mendonorkan organ tubuh masih menjadi sesuatu yang tabu bagi masyarakat Indonesia. Bagian tubuh seseorang merupakan hal yang sakral jika harus diberikan ke orang lain, perpindahan kepemilikan ini yang akhirnya dipermasalahkan. Apalagi operasi transplantasi organ masih jarang dilakukan di Indonesia. Jadi kebanyakan tindakan operasi transplantasi orang Indonesia banyak dilakukan di luar negeri terutama Singapura dan China.
Organ yang ditransplantasikan misalnya hati, ginjal, kornea, organ lain sangat jarang prevalensinya. Transpalntasi organ kornea diambil dari orang yang baru saja meninggal sehingga biasanya kalo mau mentransplantasikan kornea, kita harus mendaftar ke organisasi terkait. Transplantasi organ hati dan ginjal dapat dilakukan orang yang masih hidup atau baru saja meninggal.
Menurut ilmu faal organ hati memiliki kemampuan untuk memperbarui sel yang rusak atau hilang. Jadi secara teoritis tindakan pengambilan jaringan hati pada pendonor dapat dilakukan karena jaringan yang diambil tersebut dapat pulih dengan catatan tidak semua jaringan hati diambil. Pada kasus ginjal, dimana ginjal manusia hanya ada 2 buah, maka beresiko untuk timbul komplikasi pada diri pendonor. Tubuh manusia mengeluarkan racun hasil metabolisme tiap harinya oleh ginjal yang akan menyaring darah. Dengan dua buah ginjal maka racun-racun tersebut dapat keluar tubuh. Jika ginjal tersisa satu maka ginjal yang tersisa kerjanya akan lebih berat dalam menyaring darah. Akibatnya lama-kelamaan ginjal ini akan mengalami hipertropi dan dapat menjadi gagal ginjal kronis.
Jadi, menurut saran penulis, sebaiknya tidak melakukan donor ginjal ketika masih hidup karena berisiko tinggi merusak ginjal yang tersisa yang akhirnya justru akan mengharuskan untuk cuci darah yang biayanya sangat besar.

Iklan
 
1 Komentar

Ditulis oleh pada 27 Desember 2008 in Kajian, kedokteran, Pengetahuan

 

One response to “Transplantasi Organ: Donor Ginjal

  1. alan

    20 Oktober 2013 at 10:13 pm

    Hello i am 31 yo Indonesian now stay in singapore. good healthy reccord i am willing to donate one of my kidney. i stay in singapore till 08 november. kindly contact me to +6593952177 for serious only. thanks

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Daisypath Happy Birthday tickers
  • Daisypath Anniversary tickers
  •  
    %d blogger menyukai ini: