RSS

Nyeri 2

15 Nov

Dari segi anatomi dan fisiologi, ada banyak manfaat dari sistem saraf kita dalam mengatasi rasa nyeri. Sensasi nyeri memiliki 2 komponen penting, yaitu komponen cepat dan komponen lambat. Komponen cepat bersifat cepat tanggap, berguna untuk mencegah kerusakan yang lebih lanjut misalnya proses menginjak paku, maka tubuh cepat bereaksi. Komponen cepat ini bersifat sangat sakit tetapi berlangsung dalam waktu singkat. Cepat karena menghantarkan impuls melalui jaras dengan diameter saraf besar tetapi lebih sensitif terhadap bahan cocain internal tubuh yang menyebabkan rasa sakit akan teredam. Sangat menyiksa jika rasa sakit ini terus menerus, bisa gila kita merasakan sakit yang sedemikian ini. Jadi jangan aneh ketika rasa sakit akan hilang sendiri perlahan-lahan jika kita diamkan.
Komponen lambat bersifat kurang tok cer rasa sakitnya tetapi bertahan dalam waktu lama. Karena kurang rasa sakitnya maka umumnya tubuh berkompensasi dapat tidak menghiraukan rasa sakit ini karena tubuh banyak menerima sensasi lain yang melebihi sensasi rasa sakit ini. Misalnya ketika kita nyeri tergigit nyamuk, maka rasa sakit yang bekerja adalah komponen lambat yang mudah kita hilangkan dengan balsam misalnya. Adanya rasa sakit komponen lambat bertujuan untuk mengabarkan bahwa masih ada bagian tubuh yang belum kembali ke fisiologis setelah terjadinya ruda paksa, tetapi tanpa adanya perasaan nyeri yang berlebihan.
Pada kasus kanker dimana didapatkan rasa sakit yang terus menerus dan sangat. INi lebih disebabkan adanya nyeri yang neuropatik, artinya terdapat kerusakan sel syaraf akibat serangan dari sel kanker. Akibatnya sel syaraf terus menerus mengeluarkan bahan kimia neurotransmiter nyeri. Ini berbeda dari nyeri yang kita bicarakan di atas karena nyeri yang dibicarakan di atas adalah jenis nyeri yang nociceptif (tanpa kerusakan sel syaraf).

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 15 November 2008 in JURNAL, Pengetahuan

 

Tag: ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Daisypath Happy Birthday tickers
  • Daisypath Anniversary tickers
  •  
    %d blogger menyukai ini: