RSS

Sekilas Tentang SUlfonamide

02 Mei

Sulfonamid merupakan kelompok bahan kimia yang mengandung gugus amin dan gugus asam sulfonat. Kelompok ini terdiri dari obat-obat yang digunakan sebagai obat pada infeksi bakteri, diabetes mellitus, edema, hipertensi, dan gout. Obat antimikroba sulfonamid yang sering disebut dengan sulfa atau preparat sulfa bersifat bakteriostatik dan merupakan jenis broad-spectrum antibiotik.
Obat kelompok sulfonamid yang bersifat antimikroba contohnya adalah sulfadiazine dan sulfamethoxazole. Obat antimikroba golongan sulfonamid bekerja sebagai kompetitif inhibitor terhadap enzim dihydropteroate synthetase, DHPS. DPHS mengkatalisis konversi PABA (para-aminobenzoate) menjadi dihydropteroate yang merupakan salah satu langkah dalam sintesis folat. Folat sangat dibutuhkan untuk sintesis asam nukleat (asam nukleat merupakan komposisi dari DNA dan RNA) dan jika tidak ada folat maka sel tidak dapat membelah. Oleh karena itu, hal ini akan menghambat pembelahan sel bakteri dimana sulfonamid lebih bersifat bakteriostatik daripada bakterisid.
Obat sulfonamid bersifat selektif dimana hanya menghambat pertumbuhan bakteri bukan sel manusia karena sel manusia tidak bisa mensintesis folat (folat didapat dari makanan) sedangkan bakteri bisa. Jadi ketika diberikan obat sulfonamid maka pertumbuhan sel tubuh tidak terganggu (sulfonamid menghambat sintesis folat sedangkan sel manusia tidak mensintesis folat melainkan mengambil folat dari makanan). Hal ini yang menyebabkan sulfonamid bersifat toksisitas selektif.
Obat kelompok sulfonamid yang bersifat diuretik contohnya adalah Hydrochlorothiazide (HCT). Obat sulfonamid untuk diabetes tergabung dalam kelompok sulfonylureas yaitu glipizide dan glyburide

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 2 Mei 2008 in JURNAL, Pengetahuan

 

Tag: , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Daisypath Happy Birthday tickers
  • Daisypath Anniversary tickers
  •  
    %d blogger menyukai ini: