RSS

Sifat Manusia 2 : Berburuk Sangka

18 Apr

Berburuk sangka menurut kitab bahasa Sansekerta berarti perasaan dimana menganggap apa yang dilakukan orang lain adalah buruk, membahayakan lingkungan, atau tidak ikhlas. Sifat ini merupakan tidak baik dan membahayakan umat manusia meskipun pada beberapa waktu tertentu dapat juga bermanfaat dalam rangka berhati-hati. Lawan dari sifat ini adalah berbaik sangka.
Pengaruh terhadap hubungan sesama manusia, ialah bahwa sifat ini menjadikan orang akan tidak percaya terhadap orang lain, menciptakan perasaan benci dan permusuhan. Apalagi jika orang tersebut turut mempengaruhi orang banyak untuk membenci satu orang. Tentunya sangat kasihan sekali orang yang diburuk sangkai. Pengalaman hidup necel membuktikan bahwa orang seperti ini sangat jahat dan sebaiknya dimusnahkan dari muka bumi.
Ciri-ciri dari orang yang memiliki sifat atau berkecenderungan untuk mengarah pada sifat ini antara lain suka bergunjing membicarakan orang lain, menganggap diri sendiri adalah yang paling benar meskipun telah dibuktikan salah tetap tidak mau mengakui kesalahan, bergaul dengan orang yang sepaham dan menjauhi orang yang berbeda paham.

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 18 April 2008 in Kata Redaksi, Kehidupan

 

Tag: ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Daisypath Happy Birthday tickers
  • Daisypath Anniversary tickers
  •  
    %d blogger menyukai ini: