RSS

Nyeri 1: Pendahuluan

06 Apr

Setiap orang pernah merasakan nyeri, bikin jengkel karena bisa membuat susah tidur, sampe2 ada lirik lagu yang berbunyi lebih baik sakit hati daripada sakit di gigi (kebalik booo). Meskipun telah banyak obat penghilang rasa sakit dijual bebas di pasaran seperti Panadol, Ponstan, Antalgin, Asam Mefenamat, dll. Tetap saja kurang puas kalau kita belum menemukan sumber penyebab rasa nyeri tersebut. Ingat obat penghilang rasa sakit hanya menghilangkan gejala rasa sakit tetapi tidak mengobati penyakit yang sebenarnya.
Nyeri adalah perasaan tidak menyenangkan dimana merupakan suatu pertanda akan ketidakberesan tubuh. Nyeri merupakan bagian sistem pertahanan tubuh dari kerusakan yang lebih parah, sehingga ketika kita merasakan nyeri maka diharapkan kita akan memberikan respon yang sesuai untuk menghindar atau mecari pertolongan contohnya dengan pergi ke dokter. Nyeri ada 2 bagian besar, yaitu:
1. Nyeri Nociceptive
Merupakan jenis nyeri dimana struktur syaraf baik dan tubuh terkena rangsangan dari luar yang akan ditangkap oleh reseptor nyeri (nociceptor). Rangsangan dapat berupa bahan iritan, panas/dingin, benda tajam dan lain.
2. Nyeri Neuropathy
Merupakan jenis nyeri akibat kerusakan sel syaraf. Nyeri ini contohnya ketika jari teriris pisau atau pada penyakit cacar air (varicella-zooster) karena cacar air menyerang sistem syaraf.

Pembahasan tentang nyeri sangat panjang, jadi akan dipisah melalui beberapa episode. Kali ini hanya pendahuluan saja.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 6 April 2008 in Kata Redaksi, Pengetahuan

 

Tag: , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Daisypath Happy Birthday tickers
  • Daisypath Anniversary tickers
  •  
    %d blogger menyukai ini: