RSS

Keamanan Data dan Informasi

06 Feb

Bekerja dengan internet apalagi yang terkoneksi dengan internet penuh dengan resiko, baik dari segi kehilangan data atau data kita dicuri orang. Salah satunya adalah jejak kita di komputer, Jika kita bekerja dengan data rahasia atau kenakalan kita yang tentunya kita tidak mau diketahui orang, maka perlu menambahkan software untuk mencegah pekerjaan kita tercium orang lain. Berikut tips dari saya pribadi dan udah dipraktekan, tapi ga tau apakah berhasil dalam membantu anda (aq tidak menjamin bahwa cara2 ini akan membantu anda, bisa saja malah merusak anda):

1. Gunakan user yang dilengkapi password ketika log in ke Windows. Cara ini efketif ketika kita kehilangan komputer ato komputer kita khawatirkan dijamah orang lain, meskipun itu orang dekat kita (bahaya bisa darimana saja). Tapi sediakan juga pilihan user tanpa password yang tidak memberi akses ke dokumen penting untuk jaga2 kalo2 kita kelupaan password dan memberi kesempatan orang lain menggunakan komputer.

2. Pasang software penghilang jejak kegiatan komputer, baik dokumen yang dibuka (My Recent Documents), musik/video yang dimainkan, history pada program browser. Di sini saya menggunakan program ilSystem Wiper (gratis loh,silahkan cari di Google untuk download)

3. Hapus file yang ingin dihapus menggunakan program semacam file shredder (di sini saya memakai program File Shredder bawaan program Download Accelerator Plus/DAP, gratis loh, atau bisa menggunakan program file shredder bawaan Windows Vista). Jangan puas dengan menghapus file di Recycle Bin. Penting! File yang telah di delete dari Recycle Bin masih bisa dibaca dengan program semacam undelete plus (tapi tidak semua)

4. Pasang firewall, antivirus, dan anti spyware untuk mencegah tindakan illegal yang membuat dokumen anda risky. Windows punya program sertaan yaitu Windows Firewall, Windows Defender, kita juga bisa gunakan antivirus yang sudah mencakup firewall maupun antispyware. Biasakan untuk mengupdate program security agar afdhol

5. Jangan mudah mengisi informasi melalui internet kecuali dari sumber yang terpercaya. Misal pendaftaran untuk menjadi member. Apalagi yang suka pake password cuma itu2 aja (padahal aq juga). Password hanya kita yang tau untuk menjaga privasi.

6. Yang paling penting dari semuanya. Bekerja dengan komputer di tempat yang aman dalam arti kalau bisa tidak banyak orang yang lalu lalang dan seliweran ga jelas di sekitar kita. Tapi kalo memang ga bisa ya maklumin aja dan gunakan cara yang lain.

Demikian tips yang aq tau, maklum bukan ahli atau penggemar IT. Cuma sekedar tau berdasarkan pengalaman selama ini, dan agar kamu2 aman bekerja dengan komputer.

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 6 Februari 2008 in Kata Redaksi, Pengetahuan

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Daisypath Happy Birthday tickers
  • Daisypath Anniversary tickers
  •  
    %d blogger menyukai ini: