RSS

Antara Belajar Bersama dan Sendiri

01 Feb

Beberapa waktu yang lalu ketika musim ujian, penulis mendapatkan pengalaman baru dalam hal belajar, yaitu ditemani oleh teman semalam suntuk. Ceritanya teman tersebut malas belajar sendiri karena sering cepat ngantuk, ketiduran, dan akhirnya tidak maksimal belajar. Jadi teman itu menginap semalaman sebelum hari ujian. Temen menginap dari ujian pertama ampe ujian terakhir (total ada 7 ujian).

Waktu hari pertama langsung aja q kasi tau rahasianya biar ga ngantuk, yaitu tidur dulu dari jam 10 ampe jam 12 malam abis itu minum kopi. Cara ini aq dapat setelah baca artikel yang menyatakan bahwa minum kopi memang benar ga bikin nagntuk (caranya dengan meningkatkan denyut jantung dan tekanan darah) dan juga membuat cepat ingat ketika menghapal. Selama ini aq mangkui keampuhan minum kopi, ingatan jadi lancar. Sangat bermanfaat untuk tipe belajar SKS (Sistem Kebut Semalam) mudah ngapal tapi ga bermanfaat untuk hapalan lama. Oleh karena itu minum kopi dan ngapalnya dilakukan pada malam menjelang ujian.

Selama temen nginep di rumah memang kelihatan perbedaannya yaitu temen jadi tahan ampe pagi meskipun ada juga bentar tidurnya. Dia juga bilang biasanya kalo belajar sendiri jam 2 aja udah ga tahan tapi waktu belajar bersama jadi tahan ampe pagi. Dari sisi aku juga ada manfaatnya, aq jadinya ikut2an belajar ampe pagi (jam 5) biasanya aku belajar ampe jam 3 or 4 aja. Belajar bersama jadi memacu kita untuk belajar dengan rajin, kan kalo kita tidur ga enak ama temen kita itu, he3x

Hasilnya berupa nilai dari sisiku baik, bagus, yang tadinya nilai ujian sebelumnya berkisar 7 ya naik jadi mendekati 8 padahal banyak temen lain berkisar di 6. Tapi waktu kuliat nilai temenku yang belajar bersama denganku ternyata di tidak lulus, waduh aku jadi bingung, apakah ada yang salah. Padahal kami sama2 belajar ampe pagi????

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 1 Februari 2008 in Keseharian

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Daisypath Happy Birthday tickers
  • Daisypath Anniversary tickers
  •  
    %d blogger menyukai ini: