RSS

Lampu Ajaib

31 Jan

Beberapa waktu yang penulis mengikuti kegiatan kemah dalam rangka penyambutan mahasiswa baru. Suasana kemah terasa dengan sekeliling berupa hutan, tanpa listrik, tetapi masih ada air hasil beli satu tandon. Biarpun hanya sehari tetapi keadaan ini mengingatkan akan kehidupan jaman dulu kala dimana tidak ada teknologi, hidup begitu sunyi apalagi tanpa listrik. Pada kebanyakan orang, ketika berkemah maka penerangan mengandalkan obor, api unggun, lampu petromax, lampu emergency (lampu sekaligus berisi bateri yang dapat dices, biasa di rumah2 untuk digunakan pada saat mati lampu.
Seorang kawan ternyata membawa peralatan unik yaitu sebuah lampu listrik yang multifungsi dan ajaib. Lampu ini seperti lampu emergency lain yang dapat menyimpan listrik tetapi perbedaannya alat itu selain dices maka untuk mengisi baterenya juga bisa dengan memutar semacam alat pengayuh(pedal)nya menggunakan tangan. Jadi ketika lampu emergency lain yang dibawa oleh kawan lain sudah mulai ngadat nyalanya maka lampu yang satu ini tetep nyala terang coz kami bergantian mengayuh pedalnya. Cukup lelah juga siy tapi, waw, nyalanya terang dan cukup efisien. kita memutar pedal selama 15 menit maka lampu bisa bertahan selama sekitar 1 jam lebih.
Penulis jadi berpikir alangkah bergunanya lampu ini nanti pada saat KKN (kuliah kerja nyata). Apalagi kalo KKNnya di daerah pedalaman Kalimantan yang terpencil. Bisa2 masyarakat aslinya terkagum-kagum dengan alat itu dan kalo kita jeli dan kita menjual alat ini bisa menerima pesanan banyak. Dengan harga sekitar 200 ribuan dan ringan mudah dibawa siapa yang tidak tergoda. Konon alat ini saja masih jarang dijual di kota, kalau kita satu2nya yang jadi penjual tidak terbayang keuntungan yang bakal diperoleh. Apalagi zaman sekarang BBM udah makin langka dan listrik byarpet, lampu ini bisa jadi alternatif.
Kelebihan lain adalah bahwa lampu ini juga dilengkapi dengan cucukan (slot) untuk listrik, jadi bisa buat ngeces HP kalo mati lampu dan alat elektronik lain. Kesimpulannya lampu ajaib ini menggabungkan lampu, batere penyimpan listrik, generator mini dengan penggerak tangan. Ide ini banyak tidak dipikirkan orang, dan sama seperti mesin motor automatik (dikenal dengan skutik, motor matik) yang awal kemunculannya dianggap remeh tetapi sekarang memiliki pangsa pasar motor 20 %, lampu ini juga bisa seperti itu.
Penulis udah berniat mau beli lampu itu, bagi yang ingin beli juga, ya silahkan cari di toko elektronik terdekat di kota anda (penulis tidak menjual lampu tersebut). Kalo ada penemuan unik lain, penulis ingin tau dan coba alat itu.

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 31 Januari 2008 in Kata Redaksi

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Daisypath Happy Birthday tickers
  • Daisypath Anniversary tickers
  •  
    %d blogger menyukai ini: