RSS

Dokter Kepresidenan

31 Jan

Akhir-akhir ini ketika Pak Soeharto sakit, ada tokoh yang sering kita dengar, namanya dokter kepresidenan. Tugas kepresidenan ya menjaga kesehatan petinggi negara. Oleh karena itu kita jarang sekali mendengar presiden sedang sakit (Pak SBY jarang sakit). Menjaga kesehatan presiden dilakukan oleh sebuah tim. Secara umum tim ini terdiri dari
1. Tim dokter

Mengikuti tingkat kesehatan presiden dari waktu ke waktu. Jadi rutin melakukan “medical check up”. Tujuannya mendeteksi gangguan kesehatan sedini mungkin, agar cepat diobati. Beberapa dokter juga mengikuti kemanapun presiden pergi. Mereka menyimpan rekam medik presiden dan membawa obat reguler.

2. Tim gizi

Memantau asupan makanan presiden. Mulai dari mencukupi makanan presiden dengan zat gizi, mengontrol apa yang akan dimakan agar tidak mengandung bahan berbahaya. Tim ini juga duluan mencicipi makanan yang disediakan untuk mengetahui efeknya secara nyata tentunya setelah dipastikan bahwa makan itu tidak beracun.

3. Tim Paspampres

Tim ini semacam bodyguardnya presiden. Tim ini menjaga kesehatan presiden dengan cara menghindari tindakan anarkis orang lain terhadap presiden, misalnya dari serangan teroris yang ingin mencelakai presiden. Tim ini akan mengecek mulai dari kendaraan (mobil, pesawat, kapal, dll), kamar, ruangan yang akan ditempati presiden. Jadi jangan heran misalkan presiden mau berkunjung ke suatu daerah maka beberapa minggu sebelumnya sudah ada pasukan yang mensterilkan area.

4. Tim sekretaris

Tim ini menjaga kesehatan dengan cara mengatur jadwal kegiatan presiden, disesuaikan dengan kemampuan presiden agar tidak kecapean. Tujuannya agar kegiatan presiden jadi efektif dan efisien. Kan sulit juga presiden harus mengurusi lebih dari 200 juta penduduk Indonesia, padahal presiden juga manusia biasa.

5. Tim ssssttt (…..)

Tim ini tidak dapat disebutkan di sini. Bukan wewenang bung. Jadi hub saja orang yang berwenang membukanya

Semua tim di atas saling berkoordinasi menjaga kesehatan pasien. Inilah enaknya jadi presiden. Tidak salah jika banyak anak2 cita-citanya mau jadi presiden. Saya aja mau ko. Kita yang bukan presiden juga bisa menjaga kesehatan biar ga mudah sakit. Mulai dari yang kecil2 lah, misalnya sesekali datang ke puskesmas liat2 di dinding banyak brosur bisa dibaca, ngikuti seminar kesehatan untuk umum, makanan yang bergizi (sekarang slogan 4 sehat 5 sempurna udah diganti ama 13 pesan dasar gizi seimbang), berolahraga teratur, istirahat yang cukup, atur waktu sebagus mungkin (jangan kayak saya ga teratur). Bagi temen2/selain temen2 yang mau nambah info untuk masalah di atas silakan, bisa bagi2 ilmu buat yang lain

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 31 Januari 2008 in Kajian, Kata Redaksi

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Daisypath Happy Birthday tickers
  • Daisypath Anniversary tickers
  •  
    %d blogger menyukai ini: