RSS

Pendidikan dokter konvensional vs PBL

07 Jan

Sistem PBL (Problem Based Learning) adalah sistem pembelajaran yang menitikberatkan kepada aplikasi yang menyentuh langsung pada bidang pekerjaan dokter. Di sini diberikan pembelajaran kasus perkasus secara integratif sehingga diharapkan para calon dokter dapat mengaplikasikannya secara baik nantinya. Para calon dokter tidak lagi diberikan bahan ajar yang bersifat menghapal kemudian nanti jadinya cepat lupa. Hal lain yang cukup penting adalah pola pembelajaran yang tadinya bersifat “passive learning” yaitu look and listen menjadi “active learning” yaitu search and discuss. Mahasiswa menjadi lebih mandiri dan giat mencari informasi yang up to date. Dosen disini bertindak sebagai pengarah dan pembimbing.
Wacana yang muncul, apakah sistem PBL lebih baik dari sistem konvensional. Dilihat dari penjelasan di atas memang kelihatannya bagus tapi mari kita telaah lagi. Kedua sistem tersebut sama-sama bertujuan agar mahasiswa tau dan paham terhadap ilmu kedokteran hanya saja pendekatannya yang berbeda, sistem konvensional ilmu diperoleh terutama dari dosen dan dosen memberikan ilmu sesuai pokok bahasan sedangkan sistem PBL ilmu diperoleh dari pencarian mandiri mahasiswa.
Masalah yang dihadapi oleh kedua sistem itu juga sama yaitu kemauan mahasiswa untuk belajar. Menurut pendapat saya sendiri loh ya, kedua sistem itu sama bagusnya yang penting adalah bagaimana meningkatkan kemauan mahasiswa untuk belajar, hendaknya dicari cara untuk menjadikan belajar lebih enjoy, tidak membosankan, dan berisi. So, bagi para dosen or guru, jadilah pengajar yang mengerti kemauan anak didik, niscaya engkau akan dicintai oleh anak didikmu. Ocre….

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 7 Januari 2008 in Kajian

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Daisypath Happy Birthday tickers
  • Daisypath Anniversary tickers
  •  
    %d blogger menyukai ini: