RSS

Sakit Kepala

21 Mar

Sakit kepala atau bahasa inggrisnya headache adalah penyakit yang sering dialami masyarakat. Berikut adalah penjelasan singkat mengenai jenis-jenis sakit kepala sebelum anda pergi ke dokter:

1. Migrain

Disebut demikian karena sebagian besar menimpa satu sisi kepala saja. Penyebabnya tidak diketahui secara pasti tetapi kemungkinan besar akibat penurunan aliran darah ke otak yang bersifat sementara. Gejala dimulai dari penglihatan yang seperti timbul aura (kilatan cahaya dll) atau bisa juga tapa aura. Beberapa saat kemudian terasa pusing yang mulai di sekitar mata kemudian menjalar ke atas kepala. Akan membaik ketika istirahat.

2. Sakit kepala cluster

Merupakan sakit kepala yang paling berat. Terasa nyeri di sekitar salah satu mata disertai dengan pengeluaran air mata, ingus hidung di sisi yang sakit kepala, dan pemicingan mata yang sakit. Timbul pada malam hari. Terutama disebabkan oleh minum alkohol atau obat vasodilator.

3.Sakit kepala tension

Disebabkan oleh kekakuan otot kepala mulai dari jidat terus sampai ke leher belakang. Penyebabnya adalah keletihan, misalnya terlalu lama duduk ngenet dsb. Cirinya nyeri terasa di semua kepala mulai jidat sampai kepala belakang. Sering diobati dengan pemijatan ringan pada pundak dan relaksasi otot.

4. Nyeri ice pick

Bersifat terlokalisasi pada satu titik kulit kepala. Terasa seperti disengat listrik lamanya kurang dari sedetik. Dapat berulang.

5. Sinusitis

Adalah peradangan pada sinus muka. Sakit kepalanya bisanya terasa di daerah jidat atau di muka. Terasa semakin sakit ketika menunduk manandakan adanya sinusitis.

Semua jenis sakit kepala perlu untuk diperiksa untuk diberikan penanganan. Yang harus diperhatikan adalah jika sakit kepalanya berlangsung lama dan cenderung untuk semakin parah karena ini menndakan salahsatunya adanya tumor di otak

About these ads
 
20 Komentar

Ditulis oleh pada 21 Maret 2008 in JURNAL, Pengetahuan

 

Tag: , , ,

20 responses to “Sakit Kepala

  1. Rinda

    28 Maret 2008 at 4:16 am

    Selamat siang, saya sering mengalami sakit kepala, sakit ini sering membuat saya mual dan mau muntah,dan jika melihat sesuatu gerakan pandangan harus pelan, apakah ini penyebab mata saya yg bermasalah?.
    atau kurang darah. Terima kasih

     
  2. sifa

    22 April 2008 at 9:56 am

    selamat sore…
    aku sering banget ngalami sakit kepala sebelah kiri,,, dan nyerinya di sekitar mata dan bagian kepala bagian belakang yang di setai dengan mual.
    Aku pernah cek up,, tapi hasilnya nggak ada masalah…
    CUman dulu aku pernah jatuh dan gegar otak ringan… sebenarnya abis opname aku harusnya cek up lagi cuman aku nggak cek up lagi..karena sudah nggak ada keluhan. waktu jatuh ada benjolan di kepala.. kadang kalau lagi sakiit kepala, yg benjol itu kalau di pegang sakiit….
    Satu lagi,,, aku kalau telat makan bisa sakiit kepala juga…

    Ini migrain biasa nggak ya>???
    Apa ada yg pernah ngalamin hal seperti ini ya??

    kalau ciri cirinya ada tumor di kepala atau penyumbatan di kepala ada yg tau nggak ya???

    Thank’s
    sifa

     
  3. afif

    17 Mei 2008 at 9:00 am

    selamat sore

    Saya sering merasa sakit kepala bagian ubun2 kiri disertai rasa kaku/pegal sampai leher belakang serta punggung

    mohon penjelasannya kenapa? dan cara mengatasinya

    terima kasih atas bantuannya

    Regard’s
    afif

     
  4. ismail

    27 Juli 2008 at 2:36 pm

    selamat malam….
    Saya mengalami sakit kepala sudah lebih dari 1 tahun Ini…gejalanya hampir sama dengan sifa (April 22) yaitu pernah kecelakaan thn 2004, pada bagian alis kiri saya terkena pecahan kaca mobil dan robek sehingga mendapat 4 jahitan. Mulanya saya tidak ada keluhan sakit kepala, hasil pemeriksaan dari dokter syaraf bahwa saya tidak apa2, setelah saya sembuh saat saya bekerja didepan layar komputer sekitar 2 jam, mata kiri saya mengeluarkan air mata ini berlangsung selama 3-4 bulan, namun kepala saya tidak mengalami sakit, cukup dgn istirahat sejenak pulih. setelah 1 tahun belakangan ini saya sering sekali sakit kepala seperti yang diderita sifa terlebih bila didepan komputer atau saat minum air dingin/es.
    untuk itu saya mohon penjelasan bagaimana upaya untuk mangatasi masalah sakit kepala saya ini, apakah ada obat yang tepat untuk sakit kepala ini…
    trus ciri cirinya ada tumor di kepala atau penyumbatan di kepala itu seperti apa…?
    Tks.

     
  5. pink_trak@yahoo.com

    26 September 2008 at 8:22 am

    Saya suka sakit kepala tiba2,apa penyebabnya y. .?? Trims

     
  6. necel

    18 Oktober 2008 at 8:26 am

    To : Rinda
    Perlu untuk melakukan pemeriksaan Hb dan pemeriksaan mata. Memang 2 hal itu merupakan penyebab yang tersering. Hubungi dokter anda

    To: Afif
    Itu namanya sakit kepala tension, itu akibat kekakuan pada otot kepala karena terlalu lama kepala berada pada posisi seperti misalnya mengetik terlalu lama. Cara mengatasinya istirahat sebentar untuk melonggarkan otot. Lakukan pelemasan otot kepala seperti memutar kepala kekiri dan kekanan, atas bawah dsb

     
  7. Raja Cilik

    6 November 2008 at 1:12 pm

    Apakah Sakit Kepala yang di sebabkan oleh Hambatan Psikis dapat di pulihkan ? Barangkali artikel artikel berikut berguna >> Sakit Kepala

     
  8. anis

    9 November 2008 at 6:45 am

    assalamualaikum

    saya sering sakit kepala di dekat mata itu setiap hari dan memang hanya beberapa menit tapi nanati setelah beberapa jam lagi akan kambuh lagi…………
    sesekali jika saya sholat or menundukkan badan, kepala saya terasa sangat sakit tapi mengapa ya……….????? berbahaya tidak??????

     
  9. Necel

    5 Desember 2008 at 2:27 am

    To anis: pusing akibt perubhan posisi kepala kmungkinan ad 2 yaitu karena perhubungan dgn aliran darah atau telinga.saran saya periksa k dokter lbh lanjt

     
  10. D-noq

    12 Februari 2009 at 8:51 am

    ass..

    saya sering sakit kepala dari mulai alis(sekitar mata),jidat dan ke belakang kepala sebelah kiri. saya ke dokter dan diduga mengalami sinusitis dan di rontgent namun hasilnya semuanya baik-baik saja dan tidak ada gangguan. sampai saat ini saya masih sering sakit kepala terkadang disertai mual.

    Tolong sarannya yaw..

    Thx
    dnoq

     
  11. fera

    24 April 2009 at 8:45 am

    saya sering sakitkepala, sakit banget kadang sampe aku tonjok2 pake tangan saking sakitnya.itu knapa y? mohon penelasanny

     
  12. Qky

    4 September 2009 at 9:52 am

    assalamualaikum wr wb…

    saya sudah 3 bulan ini menderita sakit kepala… dr pertama hanya gejala sakit kepala biasa saja tp sekarang sakit kepala itu berpusat di kepala belakang dan rasanya sakit sekali seperti du tusuk-tusuk dan hingga membuat mata saya kabur dan mengeluarkan air mata.. dan sakitnya datangnya tidak dapat saya prediksi.. 1 hari bisa 5-8 kali dan rasanya sakit sekali.. tapi anehnya jika sakit kepala itu datang, dada saya terasa sangat sesak dan sangat susah sekali bernapas disertai batuk2 bahkan sampai muntah…. tapi semua itu terjadi kalo sakit kepala itu menyerang… tolong beri saya referensi atas sakit yang saya alami…

     
  13. yunan

    13 Maret 2010 at 12:27 pm

    akhir2 ini aku sering sakit kepala bagian kiri belakang,sakit apa yang aku alami ya?
    apakah obat untuk sakit aku?
    apa cukup dengan relaksasi az karna yang aku rasain sakit ini di mulai sejak aku terlalu sibuk kerja dan banyak mikir?

     
  14. marni solina

    26 Agustus 2010 at 11:03 pm

    met malam………………………….
    beberapa lma nih kepala sebelah kiri saya srink sakit n lma kelamaaan serasa kbazz gtu, emang saya tdk pernah muntah tapi sy srink merasazkan mual2 GTU.KDANNG badan sy sbelah kiri serasa kebaz n mta saya sakit.AKIBAT DERITA IT SWAYA SRINK TIAK PERCYA DRI DI DEPAN ORG2 untk berkomunikasi

    tolong sarannya ya…………………

     
  15. cia

    18 Desember 2010 at 8:16 pm

    kk, saya merasa sakit kepala d tulang alis.kiri….
    rasanya mual banget, makan aja gak bisa….
    kalau pindah posisi dari tidur jadi berdiri jga pusing banget…
    knapa, ya???

    jawab.. thankz

     
  16. dealer pulsa

    25 Februari 2011 at 8:58 am

    thanks atas infonya saya sering sakit kepala apalagi pas kurang tidur

     
  17. Morphic

    25 Agustus 2011 at 3:02 pm

     
  18. yuli

    3 November 2011 at 9:28 pm

    saya sering sakit kepala klo habis plg kerja,,
    sakitnya di sebelah atas hidung daerah alis2,,,sakitny nempel tyus,,,pnyakit apa ya,,obatny apa

     
    • necel

      4 November 2011 at 12:13 am

      Nyeri diatas hidung dcurigai nyeri akibat sinusitis frontalis karena di daerah itu terletak sinus frontalis. Perlu digali kembali apakah terdapat sekret pada hidung atau buntu hidung

       
  19. mas peter

    10 Juni 2012 at 8:10 pm

    Pak/Nas/mBak/Bu, saya cukup sering sakit kepala yang pusatnya di ujuang alis kanan di atas hidung. Pemicunya tak jelas,. Masalahnya jika terlalu lama membuat saya mual. Saya hanya bisa menghilangkan sementara rasa sakitnya dengan parasetamol, tetapi lain waktu timbul kembali. Bisakah Anda yang tahu hal ini memberi saya penjelasan yang masuk akal penyebab, jenis sakitnya dan cara penanganan yang tepat. Terima kasih. Tuhan memberkati.

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Daisypath Happy Birthday tickers
  • Daisypath Anniversary tickers
  •  
    Ikuti

    Get every new post delivered to your Inbox.

    %d bloggers like this: